Pertandingan Sepakbola Adalah Kebersamaan, Bukan Sekadar Adu Taktik

By Abdi Satria


Oleh: Bonnie Fautngil (asisten Pelatih PSM Makassar) 

nusakini.com, Makassar-Sebuah pertandingan sepakbola bukan sekadar adu taktik dan strategi. Tapi juga adalah sebuah nilai kebersamaan untuk mencapai tujuan yakni memenangkan pertandingan itu sendiri. Sepakbola adalah kerja tim. Pemain, pelatih, staf dan offisial. Bukan semata kerja 11 pemain di lapangan. 

Sebagai cabang olahraga tim, sepakbola jelas bukan tontonan individu. Semua pemain harus aktif dan berguna buat tim. Sebagai pelatih, saya menyukai permainan menyerang dengan pola variatif seperti 4-3-3, 4-4-2 atau 3-5-2. Saat bertanding, saya ingin kami unggul dalam penguasaan bola dengan tujuan mencetak gol. Bukan menahan bola selama mungkin. Saya juga menekankan kepada setiap pemain agar berani berduel tapi bukan dengan permainan keras. Saya sangat tidak suka dengan pemain yang selalu mendapat kartu.

Bagi saya, pemain adalah aktor penting pada penjabaran sebuah taktik di lapangan. Kiper misalnya. Dia akan berguna buat bila mampu menjadi 'pemulai' serangan. Seorang kiper bisa berperan untuk mememudahkan kerja gelandang. Sedang gelandang harus berperan aktif. Tak hanya menjaga kedalaman tapi juga bermain dinamis. Dibutuhkan kreatifitas untuk memanfaatkan lebar lapangan sekaligus memecah konsentrasi lawan.

Bila dua lini berperan aktif, maka peluang untuk menang terbuka. Apalagi bila sebuah tim memiliki striker yang bermain untuk tim. Dalam arti, tidak hanya menonjolkan kemampuan personal dengan mencetak gol tapi juga membuat assist buat rekan-rekannya. Intinya, saya ingin semua pemain menikmati pertandingan dan fokus untuk saling membantu di lapangan.

Sebagai olahraga tim, sepakbola akan terus berkembang. Itulah mengapa, saya selalu ingin menjadi bagian dari perkembangan sebuah klub. Terutama pengembangan sikap dan karater pemain muda.

Idealnya dalam sebuah tim terdiri dari 25 pemain serta staf dan offisial. Semua elemen tim mempunyai fungsi masing-masing dengan satu tujuan yakni membawa klub meraih prestasi. Selain bekerja keras, harus ada saling percaya untuk meraih sukses bersama.